DAMPAK KUALITAS PRODUK, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UD CATUR PUTRA DI MENGWI BADUNG

  • Made Setena Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Sri Mariyatni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa
  • Ni Made Rai Juniariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Word Of Mouth, Minat Beli

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak kualitas produk, harga dan word of mouth terhadap daya beli konsumen pada UD Catur Putra di Mengwi Badung. Pemasaran ( marketing) merupakan kunci untuk keberhasilan suatu organisasi bisnis. Pengelolaan manajemen pemasaran di era 4,0 disamping mampu sebagai kompetitor, juga mampu sebagai inovator, dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang tersedia sehingga dalam melakukan promosi terkait produk yang ditawarkan disamping secara off line juga bisa dilakukan secara on line (melalui  medsos). UD Catur Putra yang bergerak dalam bidang produksi gamelan Bali  mempunyai kewajiban untuk memenuhi harapan konsumen terkait kualitas produk, harga, word of mouth, sehingga mempengaruhi minat beli konsumen. Adapun faktor yang dapat   mempengaruhi minat beli konsumen adalah: kualitas produk, harga, dan word of mouth. Hasil analisis  regresi linear berganda menunjukkan arah yang positip antara kualitas produk, harga dan word of mouth terhadap minat beli konsumen. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa tinggi rendahnya minat beli konsumen dipengaruhi secara bersama-sama oleh kualitas produk,  harga,  word of mouth. Pengujian F-test adalah uji signifikansi koefisien regresi linier berganda diperoleh F-hitung 18,151 > F-tabel 3,093 menunjukkan memang benar ada pengaruh signifikan secara simultan antara Kualitas Produk, Harga dan Word Of Mouth terhadap minat beli konsumen.Uji signifikansi dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t-hitung untuk variabel masing-masing sebesar 2,381, 2,268 dan 3,729 > t-tabel 1,661 menunjukkan memang benar ada pengaruh yang positif signifikan secara individual antara Kualitas Produk, Harga dan Word Of Mouth terhadap minat beli konsumen.

Referensi

Ali, H. (2018). Marketing. Medpress, Yogyakarta.

Anjelia, G. P., Lapian, J., & S.Wenas, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1188–1197.

Christina Prihatini canjaya. (2020). Fakultas bisnis universitas buddhi dharma tangerang 2020. In Skripsi. http://repositori.buddhidharma.ac.id/607/

Griffin, J. (2002). Costumer Loyalty. Jakarta, Erlangga.

Gunawan, A. S., & Hidayat, W. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE HUAWEI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Dan Universitas Negeri Semarang).1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24835

Kartajaya, H. (2007). Boosting Loyalty Marketing Performance: Menggunakan Teknik Penjualan, Customer Relationship Management dan Servis untuk Mendongkrak Laba. Bandung: Mizan Pustaka.

Ridho Ris Junior. (2019). PENGARUH “WORD OF MOUTH†TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (SURVEI TERHADAP KONSUMEN KOKI JONI PASTA & TURKEY DI YOGYAKARTA). In Skripsi. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38079/

Swastha, B. (2009). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Diterbitkan
2022-07-26
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 217 times
PDF downloaded = 591 times