PENGARUH HARGA, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA CV. LAGAS JAYA BADUNG
Abstrak
Keputusan pembelian adalah sebuah tindakan yang diambil konsumen dalam memilih satu produk dari beberapa alternatif pilihan yang ada. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada CV. Lagas Jaya Badungâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk pada CV. Lagas Jaya Badung baik secara simultan dan parsial. Data penelitian dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner dengan sampel berjumlah 87 responden. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji F dan uji t). Berdasarkan hasil uji F, harga, word of mouth dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada CV. Lagas Jaya Badung. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, pada uji t ditemukan bahwa harga, word of mouth dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif & signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada CV. Lagas Jaya Badung.
Referensi
Asrizal Efendy Nasution, & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.262
Dian, J. S., & Apriatni Endang Prihatini. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN , HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN NATASHA SKINCARE CANDIBARU SEMARANG. Jurnal Administrasi Bisnis, IX(III), 232–241. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/28036/0
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Alih Bahasa: Bob Sabran (ed)). Jakarta, Erlangga.
Kurniawan, Y., & Mashariono. (2021). Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Zahra Catering. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(1), 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3881/3892
Rizal, M., & Wahyuni, D. U. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mebel (Studi Empiris Pada UD. Sumber Rejeki Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(7), 1–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4186
Rukmana, M., Arifin, R., & Hurfon, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Convenience Goods Pada Konsumen Swalayan Kud Pakis. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 53(9), 73–89.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596–2620. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Saputra, I. W. G., & Wulandari, N. L. A. A. (2021). “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Pelayanan Dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Perak Pada Yanyan Silver Di Gianyar.†Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 664–676. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1358
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30–36. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4738
Tjiptono, F. (2017). Service Management; Mewujudkan Layanan Prima (Edisi 3). Yogyakarta: Andi.